WELCOME

          Tanggapan terhadap rangsangan yang datang dari dalam maupun luar akan menimbulkan pergerakan baik pada tumbuhan, hewan, atau manusia. Gerak pada tumbuhan itu sulit untuk diamati, sedangkan pada hewan dan manusia terlihat jelas. Pergerakan pada hewan dan manusia merupakan perpaduan antara sistem rangka dan sistem otot. Rangka yang merupakan serangkaian tulang-tulang yang saling berhubungan melalui persendian dapat bergerak, karena digerakkan oleh otot yang melekat pada tulang. Oleh karena itu, rangka disebut sebagai alat gerak pasif. Sedangkan, otot yang menggerakkan rangka disebut alat gerak aktif. 

          Pergerakan pada makhluk hidup sudah dijelaskan Allah SWT. dalam firmannya :
نَحْنُ خَلَقْنَاهُمْ وَشَدَدْنَا أَسْرَهُمْ ۖ وَإِذَا شِئْنَا بَدَّلْنَا أَمْثَالَهُمْ تَبْدِيلًا
Artinya: "Kami telah menciptakan mereka dan menguatkan persendian tubuh mereka, apabila Kami menghendaki, Kami sungguh-sungguh mengganti (mereka) dengan orang-orang yang serupa dengan mereka" (Q.S. A-Insan:28)          
             Oleh karena itu, kita sebagai makhluk ciptaan Allah, haruslah senantiasa bersyukur dan selalu menjaga segala seuatu yang telah diberikan Allah sebagai Rahmat kepada kita, salah satu caranya adalah dengan menjaga sistem pergerakan pada tubuh kita yang mana hal tersebut sangatlah penting. Bayangkan jika Allah tidak memberi kita stuktur tulang yang sangat kompleks seperti ini ? Kita akan sangat sulit untuk menjalankan kehidupan sehari-hari.
          
    Setelah mempelajari bab ini, kamu akan mengetahui struktur, fungsi dan kelainan pada alat gerak manusia. Mari cermati uraiannya.

Komentar